Search

Taktik Pengembang Besar Akali Kenaikan Suku Bunga

Liputan6.com, Jakarta – Per 15 November kemarin, BI 7-day Reverse Repo Rate kembali naik menjadi 6% atau sebesar 25 bps. Kenaikan yang konsisten sebenarnya terjadi sejak Mei lalu. Di mana setelah sempat bertahan pada angka 4,25% sejak Januari, BI menetapkan suku bunga acuan menjadi 5,25% di Juni – Juli dan terus bergerak naik di bulan-bulan seterusnya.

Beberapa pelaku usaha pun menilai, kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam menaikkan suku bunga acuan secara berkala akan mempengaruhi pergerakan sektor properti.

Baca juga: Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga properti per kuartal di berbagai lokasi favorit

“Kondisi suku bunga acuan yg awalnya 5,75% (bulan Oktober) dan sekarang naik menjadi 6%, menurut saya akan cukup berpengaruh terhadap kredit properti di semua level. Apalagi nyaris setahun terakhir, BI sudah cukup sering menaikkan suku bunganya,” tanggap Hermon Simanjuntak, Sales & Marketing Division Head PT Bakrie Swasakti Utama.

Untuk informasi, sejak awal tahun ini (BI) telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 175 basis poin. Sejalan, pada kuartal III-2018, penjualan properti residensial menurun sebesar -14,14% (qtq), lebih rendah dibandingkan -0,08% (qtq) pada kuartal sebelumnya.

Lesunya penjualan properti terjadi pada semua tipe rumah, terutama disebabkan oleh menurunnya permintaan konsumen, terbatasnya penawaran perumahan dari pengembang, dan tingginya suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Efek suku bunga acuan yang terus bergerak naik, dirasakan pengembang sangat berpengaruh terhadap production cost. Sebab hal tersebut beririsan dengan merangkaknya harga bahan bangunan.

“Konsumen yang tadinya sudah minat pun, akan memilih untuk wait and see. Karena dengan BI rate 6%, biasanya bank akan mematok suku bunga kredit propertinya menjadi double digit. Ini akan terasa berat di semua kalangan. Tapi, semua paham, Pemerintah dalam hal ini BI pasti sudah melihat banyak faktor pendukung terkait dengan perubahan yang ada,” Hermon menambahkan.

Simak juga: Review Properti untuk mengetahui ulasan mendalam tentang hunian incaran Anda

https://www.vidio.com/watch/1411222-plus-minus-suku-bunga-kpr-tetap-dan-fluktuatif

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Taktik Pengembang Besar Akali Kenaikan Suku Bunga"

Post a Comment

Powered by Blogger.