Search

Nabung DP Rumah Itu Sebenarnya Gampang!

Berikut adalah beberapa tips menyiapkan dana DP rumah yang mudah untuk dipraktikkan kaum milenial, sehingga target untuk punya rumah sendiri segera menjadi kenyataan.

  • Tentukan Target

Jumlah DP sebuah rumah umumnya sebesar 15% dari harga rumahnya. Jadi jika harga rumah yang akan dibeli senilai Rp500 juta maka DP yang perlu disiapkan sebesar Rp75 juta. Tapi ini belum termasuk biaya-biaya lain seperti biaya adminisrasi atau asuransi, lho!

Simak juga: Biaya-Biaya Beli Rumah

Ada juga beberapa pengembang yang memberi kelonggaran seperti DP yang dapat dicicil atau tanda jadi yang nilainya lebih kecil dari itu.

Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, bila  sudah menentukan target berapa yang harus dikumpulkan maka menabung akan menjadi lebih mudah.

  • Turunkan Biaya Tempat Tinggal Saat ini

Mungkin selama ini Anda tinggal di apartemen atau mengontrak rumah dengan biaya sewa yang mahal. Dalam rangka menyiapkan dana untuk DP rumah pertama Anda, jangan ragu untuk pindah sementara ke tempat tinggal dengan biaya sewa yang lebih murah.

Walaupun kurang nyaman, namun tidak ada salahnya untuk bersusah dahulu sebelum akhirnya bersenang-senang, punya rumah sendiri di kemudian hari. Simak juga: Mau Beli Rumah Seken Atau Baru?

  • Potong Beberapa Pengeluaran

Jika benar-benar serius mengumpulkan uang dalam jumlah besar untuk DP rumah, maka Anda perlu meningkatkan jumlah pendapatan atau memotong beberapa pengeluaran yang dirasa bukan pengeluaran wajib.

Walaupun akan terasa memberatkan, namun Anda akan menjadi lebih kreatif dalam menghabiskan waktu yang menyenangkan tanpa harus menghabiskan uang.

  • Buat Rekening Terpisah

Jika memungkinkan, pisahkan rekening tabungan untuk DP rumah dengan rekening untuk pengeluaran sehari-hari.

Disiplinkan diri bahwa uang di rekening tersebut tidak boleh digunakan untuk apa-apa selain urusan rumah. Lebih baik lagi jika Anda memiliki simpanan darurat di rekening yang berbeda.

  • Buat Instruksi Autodebit

Kalau Anda sudah mengetahui jumlah uang yang harus dikumpulkan untuk DP rumah, maka Anda berarti bisa mengira-ngira berapa uang yang harus ditabung setiap bulannya. Untuk mempermudah, bisa membuat instruksi autodebit sejumlah uang ke rekening lain ketika tanggal gajian tiba.

  • Simpan Uang Kaget

Jika tiba-tiba mendapatkan uang yang tidak terduga seperti bonus, pengembalian dari pajak, hadiah dan sebagainya, segera pindahkan uang kaget tersebut ke rekening khusus penyimpanan dana DP rumah Anda. Hal seperti ini dapat mempercepat Anda mencapai target.

  • Simpan Dana Tersebut di Tempat yang Likuid

Jika Anda berencana membeli rumah dalam waktu kurang dari lima tahun, investasikan uang Anda di tempat yang likuid dan tidak terlalu beresiko seperti tabungan, deposito, pasar uang atau pendapatan tetap jika Anda memilih reksadana.

Jika Anda merupakan pembeli hunian pertama dan masih ragu dengan rumah tinggal incaran Anda, tanyakan apa saja informasi yang dibutuhkan melalui Tanya Agen yang ada di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Nabung DP Rumah Itu Sebenarnya Gampang!"

Post a Comment

Powered by Blogger.