Search

Renovasi Kamar Tidur dengan Anggaran Minim? Bisa Kok!

(Mau tahu apa saja dokumen yang harus diurus dalam proses pembelian rumah pertama? Simak selengkapnya di Panduan Rumah.com)

Jika dana yang dimiliki sangat terbatas, Alfian menyarankan agar Anda memilih tukang yang menggunakan sistem harian ketimbang borongan. Hubungi kerabat yang kenal dengan tukang bangunan sebagai referensinya.

Karena biasanya, rekomendasi dari teman atau kerabat kerap memberikan hasil yang memuaskan. Perlu diketahui, harga tukang harian saat ini berkisar Rp 120 ribu. Maka, jika renovasi membutuhkan waktu satu minggu, anggaran yang harus Anda persiapkan adalah Rp 840 ribu.

Kelebihan menggunakan sistem harian adalah, tukang harus bekerja terus tanpa ada kesempatan menganggur. Untuk mengefisienkan pekerjaan tukang.

Anda juga harus menyiapkan terlebih dahulu material serta gambar teknik yang menerangkan apa saja yang perlu diganti, dirobohkan dan dibangun. Kelebihan lain, Anda bisa menghentikan pekerjaannya bila dalam dua hari ia tak memberikan hasil yang sesuai rencana.

(Sebelum beli rumah baru, pastikan Anda sudah menyimak ulasan lengkapnya di Review Properti dari Rumah.com)

Namun, sistem ini juga memiliki kekurangan yakni Anda harus terus menerus mengawasi aktivitas pekerjaannya. Karena jika tidak melakukan pengawasan, bisa saja si tukang bermalas-malasan sehingga waktu renovasi akan semakin lama dan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

Pilihan lainnya, jika Anda punya banyak waktu dan mau bersusah payah, kenapa tidak melakukannya sendiri?

Punya balita dan sedang cari-cari rumah? Pastikan terdapat fasilitas pendukung tumbuh kembang anak Anda, seperti:

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Renovasi Kamar Tidur dengan Anggaran Minim? Bisa Kok!"

Post a Comment

Powered by Blogger.